Tingkatkan Potensi Guru, MA Miftahul Ulum Ikut Serta dalam Kerja Sama dengan UIN Maulana Malik Ibrahim Malang

Yayasan Miftahul Ulum Banyuputih Kidul, Jatiroto, Lumajang menjalin kerja sama dengan Prodi Pendidikan Agama Islam, Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan, UIN Maulana Malik Ibrahim Malang yang dipimpin oleh Ketua Jurusan PAI Dr. Marno, M.Ag guna meningkatkan potensi guru dalam pembelajaran. Kerja sama yang dimaksud adalah program pengabdian masyarakat dengan tajuk “Pengembangan E-learning dan Hypnoteaching dalam Pembelajaran.” Kegiatan yang berlangsung selama dua hari dari tanggal 3-4 Maret 2020 ini diikuti oleh sebagian guru MA Miftahul Ulum dan gabungan para guru Lembaga formal lainnya di bawah naungan Yayasan Miftahul Ulum Banyuputih Kidul, Jatiroto, Lumajang.


Bertempat di Laboratorium Komputer MA Miftahul Ulum kegiatan kerja sama ini diisi dengan agenda seminar selama dua hari dengan hari pertama penyampaian materi tentang Pengembangan E-Learning demi membangkitkan kegiatan belajar mengajar di kelas. Materi yang disampaikan oleh tim dosen Prodi Pendidikan Agama Islam, Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan, UIN Maulana Malik Ibrahim Malang ini sejalan dengan perkembangan teknologi dan era industri 4.0 yang mengedepankan penggunaan teknologi berbasis IT dalam segala bidang. Dalam bidang Pendidikan utamanya pembelajaran di sekolah penggunaan media pembelajaran berbasis IT dapat memudahkan guru dalam menyampaiakn materi pembelajaran dan siswa lebih antusias lagi dalam pembelajaran. Tak lupa juga para peserta yang hadir diberi kesempatan untuk mencoba beberapa situs yang dapat digunakan sebagai media E-learning.

Hari kedua, agenda dilanjutkan dengan penyampaian materi tentang Hypnoteaching yang dipimpin oleh Abdul Ghaffar, M.Pd. dkk. Dalam materi ini disampaikan bahwa media yang digunakan dalam menghipnosis siswa nantinya adalah bacaan doa yang diambil dari ayat-ayat suci al-qur’an. Yang bertujuan untuk bisa mengatasi permasalahan siswa dalam belajar. Agenda hari kedua juga langsung mempraktekkan proses Hypnoteaching yang diikuti oleh semua peserta dengan sangat antusias.

Di akhir acara Kepala Madrasah MA Miftahul Ulum Turmudzi, S.Pd.I, MA mengatakan bahwa, “kegiatan positif seperti ini semoga bisa dilakukan berkelanjutan tidak hanya sekarang saja, karena hasilnya sangat positif bagi guru dan siswa dalam kegiatan pembelajaran.”

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *