Plt. Kasie Pendidikan Madrasah dan Pengawas Madrasah Kankemenag Lumajang Lakukan Penilaian Kinerja Kepala MA Miftahul Ulum Banyuputih Kidul 4 Tahunan

Plt Kasie Pendma Kemenag Kab. Lumajang Memberikan Sambutan dalam PKKM di MA Miftahul Ulum

Pelaksana Tugas Kasie Pendidikan Madrasah dari kantor Kementrian agama Kabupaten Lumajang Dr. H. Musta’in Billah, M.Pd.I bersama Pengawas Madrasah, yakni Mokhamad Arifi, S.E., MM dan Dra. Dzurriyatul Muhlisoh melakukan Penilaian Kinerja Kepala Madrasah (PKKM) MA Miftahul Ulum Banyuputih Kidul bertempat di Laboratorium Komputer Madrasah.

Turmudzi, S.Pd.I, MA selaku kepala Madrasah MA Miftahul Ulum Banyuputih Kidul menjelaskan kegiatan PKKM merupakan proses mengumpulkan, mengolah, menganalisis, dan menginterprestasi data tentang kualitas kinerja kepala Madrasah dalam menjalankan tugas pokoknya sebagai kepala Madrasah. Demi menyukseskan kegiatan ini kepala Madrasah bersama para staf dan dewan guru mempersiapkan segala sesuatunya sejak bulan Juli tahun 2020. Hal ini bertujuan untuk menilai kelayakan kepala Madrasah dalam menjalankan tugas pokoknya.

Presentasi oleh Kepala Madrasah, Turmudzi, S.Pd.I, MA

Dikatakan oleh Dr. H. Musta’in Billah, M.Pd.I kegiatan penilaian ini dilakukan sesuai dengan keputusan Dirjen pendis Nomor 1111 Tahun 2019. Sesuai juknisnya PKKM dilakukan secara berkala setiap tahun dan secara komulatif setiap 4 tahun. “Penilaian kinerja kepala madrasah secara tahunan dilaksanakan oleh pengawas Madrasah sedangkan penilaian kinerja 4 tahunan dilaksanakan oleh Tim Penilaian yaitu Kasi Pendis, pengawas, dan guru”, imbuh beliau.
Musta’in Billah menyebutkan, indikator-indikator pemenuhan dari standar PKKM diantaranya usaha pengembangan Madrasah, pelaksanaan tugas manajerial, pengembangan kewirausahaan, pelaksanaan supervisi kepada guru dan tenaga kependidikan serta hasil kinerja kepala Madrasah. “Alhamdulillah proses penilaian berjalan lancar, mudah-mudahan mendapat nilai yang memuaskan dan Madrasah ini bisa lebih baik lagi di masa yang akan datang”, harapan beliau.
Disebutkan oleh Mokhamad Arifi, S.E., MM proses penilaian oleh pengawas Madrasah berjalan dengan kooperatif. Hal ini tidak lain karena menurut pengawas yang menilai semua bukti fisik dalam instrumen PKKM hampir terpenuhi semua, hanya tinggal menambahkan beberapa kekurangan yang nantinya bisa menjadi nilai positif dalam mengembangkan Madrasah ini. Ditambahkan juga oleh Dra. Dzurriyatul Muhlisoh bahwa pemaparan dari kepala Madrasah sebelum menilai menjadi poin penting karena semuanya dijelaskan secara rinci dan juga ditunjang dengan bukti fisik yang cukup lengkap.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *