MA Miftahul Ulum Mengikuti SSB (Simulasi Skala Besar) AKM (Asesmen Kompetensi Minimum) Jenjang SMA/MA

Siswa MA Miftahul Ulum Banyuputih Kidul Mengikuti SSB untuk UBKD tingkat SMA/MA

Tepat pada Selasa, 24 November 2020 MA Miftahul Ulum mengikuti Simulasi Skala Besar Asesmen Kompetensi Minimum UBKD (Ujian Berbasis Komputer Daring 2020.  Pada dasarnya simulasi AKM untuk jenjang SMA/MA dibagi menjadi dua hari, yakni tanggal 24 dan 25 November 2020. Proses pelaksanaannya hanya diikuti oleh 5 orang siswa, hal ini sesuai dengan juknis pelaksanaan simulasi yang sudah diikuti melalui proses sosialisasi pada minggu sebelumnya.

“Persiapan yang dilakukan pihak lembaga utamanya antara lain, mengenai perangkat dan sambungan internet. Dimana untuk spesifikasi laptop harus sesuai yang diinginkan oleh aplikasi. Serta kecepatan internet kita insya Allah sudah mencukupi untuk pelaksanaan AKM ini,” tutur Suyanto, S.Kom selaku Ketua Pengelola Laboratorium Komputer.

Pelaksanaan simulasi sendiri dimulai pada Pukul 09.00 WIB sesuai jadwal yang tertera di laman resmi ubk milik Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan. Menurut penjelasan operator madrasah Zainuddin, M.Pd., “Ketika proktor dan peserta masuk dalam akun masing-masing tidak ada kendala apapun pada prosesnya. Namun ketika proses pelaksanaan ujian berlangsung ada beberapa masalah yang kita jumpai, antara lain siswa tidak bisa melihat atau kembali ke soal sebelumnya dan pada menu proktor untuk reset login siswa prosesnya membutuhkan waktu yang agak lama. Hal ini menjadi catatan yang akan kami laporkan terhadap pihak admin pusat.”

Menurut penuturan salah seorang siswa peserta simulasi, yakni Khakam mengatakan bahwa “simulasi yang kita lakukan cukup membuat antusias kami selaku siswa, karena soal-soal yang disajikan beda dari ujian-ujian sebelumnya yang pernah kita lakukan di madrasah. Di mana sosal-soal merupakan campuran antara soal hitung-hitungan (numerasi) dan teks bacaan (literasi).” Pada kesempatan kali ini untuk UBKD hanya diikuti oleh siswa kelas XI saja dan nantinya untuk ujian ini hanya sebagian siswa saja yang terlibat di dalamnya.

Meskipun UNBK sudah dihapus, namun pelaksanaan AKM UBKD pada siswa menjadi penting. Hal ini terkait perjalanan siswa ke depan dalam menghadapi kehidupan yang sebenarnya di masa yang akan datang. Hal ini diungkapkan oleh Kepala Madrasah Turmudzi, S.Pd.I, MA saat ditemui diruangannya mengatakan bahwa, “Simulasi AKM UBKD yang telah kita lakukan menjadi tolak ukur kami dalam mempersiapkan segala sesuatunya agar pada hari H esok bisa berjalan lancar dan kami juga akan persiapkan siswa terkait materi-materi yang akan diujikan.”

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *